Tempat Wisata Alam di Madiun Yang Wajib Banget Dikunjungi

Tempat Wisata Alam di Madiun Yang Wajib Banget Dikunjungi

Tempat Wisata Alam di Madiun Yang Wajib Banget Dikunjungi

Tempat Wisata Alam di Madiun Yang Wajib Banget Dikunjungi

Hello travellers, tersedia konsep lburan ke Kota Gadis? Ya! Kota Gadis merupakan julukan lain berasal dari kota Madiun. Kenapa dijuluki Kota Gadis ya? Hemm apakah di di dalam kota ini menyimpan banyak gadis di dalamnya ya? Kalo benar begitu, wah tentu ini menjadi berita bagus untuk para jombloers di luar sana wkwk. Nah, kali ini alawisata bakal mengkaji berkenaan daerah wisata yang tersedia di kota Madiun si kota gadis ini.

Selain mempunyai julukan sebagai Kota Gadis, ternyata Madiun terhitung miliki julukan lain lho. Mulai berasal dari Kota Pecel, Kota Brem, Kota Sepur, Kampung Pendekar, Kota Pelajar, Kota Budaya, Kota Sastra, hingga Kota Industri. Wah, banyak banget ya gelar kota yang satu ini.

Selain miliki banyak gelar, ternyata kota ini terhitung miliki banyak potensi wisatanya terhitung lho. Mulai berasal dari wisata alam, sejarah, budaya, hingga wisata kulinernya pun semuanya tersedia di kota ini. Penasaran?

Nah untuk menunjang perjalanan kamu berkeliling di kota Madiun, kali ini alawisata bakal menambahkan beberapa saran daerah wisata di kota Madiun yang layak untuk kamu kunjungi. Yuk review baik-baik artikenlnya.

1. Air Terjun Krecekan Denu

Lokasi : Dusun Gilingan, Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Jember, Jawa Timur
Tiket Masuk : Rp 5.000
Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
Fasilitas : daerah parkir, daerah isitirahat, MCK
Yang pertama tersedia Air Terjun Krecekan Denu, air terjun yang mulai populer pada tahun 2016 ini miliki kondisi air yang bersih dan tetap benar-benar alami serta terhitung belum banyak terjamah oleh banyak wisatawan.

Tak cuma itu, disekitar air terjun terhitung miliki kondisi yang benar-benar fresh gara-gara terdapatnya pepohonan yang lebat dan terhitung tebing-tebing yang curam yang semakin menambah keindahan air terjun.

Bagi kamu yang dambakan melacak daerah untuk cuman berikan kesegaran otak dan menghalau setress atas kepenatan sehari-hari, air terjun ini pas dijadikan alternatif untuk liburan akhir pekan anda.

2. Air Terjun Seweru

Lokasi : Dusun Seweru, Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, Jawa Timur
Tiket Masuk : –
Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
Fasilitas : kolam
Lokasi air terjun ini berada di atas ketinggian 400 mdpl. Oleh gara-gara itu suasanan ayng tercipta di kira-kira air terjun ini mulai benar-benar sejuk dan menenagkan. Sumber air berasal dari air terjun ini berasal dar isekitaran kaki Gunung Wilis, yakni muncul berasal dari sela – sela pepohonan yang tersedia di Gunung Wilis.

Di bawah air terjun terhitung terkandung kolam yang dibuat oleh para pengelola air terjun, agar relatif cukup safe untuk digunakan sebagai daerah berenang dan bermain air ataupun cuma cuman bersantai di sekitaran kolam.

3. Air Terjun Banyulawe Dong

Lokasi : Dusun Gligi, Desa Kepel, kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, Jawa Timur
Tiket Masuk : –
Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
Fasilitas : daerah parkir, mucholla, MCK, gazebo, warung makan
Seperti air terjun pada umumnya, di sini pengunjung dapat merasakan nuansa alam yang tetap benar-benar alami dan terhitung tenang. Tak cuma itu, letaknya yang berada di lereng pegunungan wilis membuat areal air terjun miliki kondisi yang benar-benar sejuk dan bersih.

Fakta unik air terjun ini yakni Air Terjun Banyulawe terhitung merupakan sasaran bagi para investor yang dambakan berinvestasi di dalam pembangkit tenaga listrik tenaga air,atau lebih mengembangkan bisnisnya di dalam sektor pariwisata.

4. Air Terjun Kucur

Lokasi : Dusun Pucang Sawit, Desa Padas, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur
Tiket Masuk : –
Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
Fasilitas : warung makan, daerah parkir, musholla, MCK
Air terjun bersama dengan nama unik ini terhitung menjadi daya tarik tersendiri bagi para petualang. Anda dapat nikmati keindahan air terjun ini sehabis melewati pedesaan yang tetap benar-benar asri. Tentunya perjalanan kamu nantinya bakal benar-benar berkesan dan menyenangkan.

Sedikit berbeda berasal dari air terjun lainnya, saat kamu hingga ke air terjun ini, kamu bakal dibuat terpesona bakal keindahan alamnya yang dihiasi oleh latar belakang perbukitan serta gunung wilis yang menjulang tinggi dan dijamin bakal membuat kamu enggan untuk beranjak berasal dari daerah ini.

5. Gunung Wilis

Lokasi : Gunung Wilis, Banaran, Pulung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur
Tiket Masuk : –
Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
Daritadi ngomongin Gunung Wilis, sesungguhnya keindahan layaknya apa sih yang dimiliki gunung ini? Gunung yang miliki tinggi 2169 mdpl ini merupakan tidak benar satu gunung non aktif yang tersedia di Jawa Timur. Luas gunung ini terhitung melingkupi 6 kabupaten yakni Kediri, Madiun, Nganjuk, TulungAgung, Trenggalek, Ponorogo.

Gunung Wilis sendiri mempunyai beberapa titik pendakian, diantaranya adalah :

Pendakian Gunung Wilis via Banjulan masuk administrasi Nganjuk
Pendakian Gunung Wilis via Kare masuk Kota Gadis Madiun
Pendakian Gunung Wilis via Sendang masuk daerah Tulungagung
Pendakian Gunung Wilis via Mojo yang masuk lokasi Kediri
Dan berasal dari keempat jalur pendakian tersebut, para pendaki paling banyak menyita jalur via Madiun dan Nganjuk bersama dengan estimasi selagi pendakian 8-11 jam cocok bersama dengan fisik pendaki melibas beberapa puncak Gunung Wilis.

Namun disarankan untuk para pendaki yang dambakan menaklukan gunung ini untuk menyita jalur via nganjuk gara-gara banyak air terjun yang dapat dijumapi kecuali berasal dari Nganjuk tidak benar satunya ialah air terjun sedudo dan merupakan air terjun paling tinggi di Nganjuk.

6. Gunung Kendil

Lokasi : Area Sawah, Pilangrejo, Wungu, Madiun, Jawa Timur
Tiket Masuk : –
Jam Buka : 07.00-18.00
Fasilitas : toilet, musholla, gazebo, tempat tinggal makan, kolam pemancingan, daerah camping, arena balap motor, arena balap mobil
Pernah jalan-jalan ke Santa Monica, Los Angeles? Kalo belum dulu jangan khawatir, Indonesia terhitung miliki kok lokasi wisata yang tawarkan pemandangan alam mirip Santa Monica, Los Angeles, tepatnya berada di Gunung Kendil, Jawa Timur.

Dahulunya sebelum akan menjadi daerah wisata, daerah ini merupakan daerah latihan untuk para militer. Namun sekarang dialihfungsikan menjadi daerah wisata yang menarik. Dengan berbagai fasilitas pendukung yang berada disini, membuat siapa saja betah untuk berlama-lama menghabiskan selagi disini.

7. Waduk Bening Widas Saradan

Lokasi : Waduk Widas, Setren, Pajaran, Saradan, Madiun, Jawa Timur
Tiket Masuk : Rp 7.500
Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
Fasilitas : kolam pancing, taman bermain, penginapan, dermaga dan perahu, daerah berkemah, daerah kano, penginapan, tempat tinggal makan
Tak cuma gunung dan air terjunnya saja yang menarik, ternyata Madiun terhitung miliki waduk yang tak kalah indahnya berasal dari objek wisata lainnya. Salah satu waduk yang tersedia di Madiun ialah Waduk Bening Widas.

Waduk ini kerap dijadikan sebagai daerah wisata bagi masyarakat lokal, khusunya untuk para masyarakat yang suka berwisata bersama dengan keluarga dan bersantai tanpa harus benar-benar jauh berasal dari Madiun atau mengeluarkan uang banyak.

Berbagai kegiatan dapat kamu laksanakan disirini layaknya memancing, menaiki perahu, hingga berkemah pun dapat kamu laksanakan disini. Tak cuma itu, pemandangan berbentuk perahu-perahu berwarna warni terhitung menjadi daya tarik sendiri pada waduk ini dan pas untuk dijadikan objek foto yang indah dan tak terlupakan.

8. Waduk Kedungbrubus

Lokasi : Area Perhutani, Dawuhan, Pilangkenceng, Madiun, Jawa Timur
Tiket Masuk : Rp 2.000
Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
Fasilitas : warung makan
Selain Waduk Bening Widas, selanjutnya tersedia Waduk Kedungbrubus. Waduk ini membendung aliran sungai Kedungbrubus yang mempunyai debit air melimpah di musim penghujan yang berfungsi sebagai fasilitas irigasi warga setempat sekaligus objek wisata yang memikat.

Akses jalannya yang enteng terhitung membuat para pengunjung berdatangan tiap-tiap harinya, ntah untuk memancing atau cuma cuman bersantai sembari nikmati pemandangan hutan jati selama 4 km. Uniknya lagi, disekitar waduk ini banyak sekali ditemukan fosil purba.

9. Waduk Notopuro

Lokasi : Desa Duren, Dusun Notopuro, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun
Tiket Masuk : –
Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
Fasilitas : daerah parkir, rest area, daerah beribadah, tempat tinggal makan, toko souvenir dan kerajinan
Waduk yang telah dialahfungsikan sebagai fasilitas rekreasi ini miliki cii-ciri waduk tadah hujan yang dapat menampung air berasal dari resapan-resapan di kira-kira hutan Lereng Gunung Pandan. Selain sebagai fasilitas rekreasi yang cukup menyenangkan, waduk ini terhitung dimanfaatkan sebagai arana irigasi dan budidaya ikan masyarakat setempat.

Dan kecuali kamu para penikmat memnacing, waduk ini terhitung miliki kekayaan ikan air tawar di dalamnya, maka tak heran kecuali umumnya pengunjung merupakan pemancing yang mampir berasal dari luar kota maupun masyarakat lokal itu sendiri.

Kunjungi Juga : Berita Wisata Terkini

10. Waduk Dawuhan

Lokasi : Desa Sidomulyo, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun, Jawa Timur
Tiket Masuk : –
Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
Bingung melacak daerah wisata akhir pekan yang tenang dan kece bersama dengan keluarga? Yuk mampir aja ke Waduk Dawuhan, waduk ini miliki kondisi sejuk nan fresh lengkap bersama dengan pemandangan kira-kira yang benar-benar tenang dan indah.

Sama halnya bersama dengan waduk lainnya, tak hanya dijadikan daerah bersantai, waduk ini terhitung dimanfaatkan sebagai fasilitas irigasi. Dengan luas kira-kira 1.273, setidaknya persawahan di 9 desa di 3 kecamatan terairi berasal dari waduk ini.