Tempat Wisata Alam Bernuansa Alam si Semarang

Tempat Wisata Alam Bernuansa Alam si Semarang

Tempat Wisata Alam Bernuansa Alam si Semarang

Tempat Wisata Alam Bernuansa Alam si Semarang

Semarang, Ibukota Jawa Tengah, adalah kota tua yang menjadi saksi peleburan banyak budaya. Kota ini kaya dapat sisa-sisa kejayaan jaman lampau yang tetap bisa kamu menyaksikan di banyak sudut, mulai berasal dari Kota Tua, Klenteng Sam Po Kong, Kampung Melayu, Kampung Arab (Layur), dan tetap banyak lainnya. Semua budaya itu bercampur bersama serasi menciptakan kondisi yang unik, dan tidak sedikit yang sesudah itu berubah menjadi area wisata asyik di Semarang.
Pasang Bola
Namun Semarang juga kaya dapat area wisata alam. Kamu bisa mendapatkan tebing-tebing tinggi, kaki gunung bersama candi kuno, puncak bukit bersama panorama menawan, hingga pantai bersama panorama laut lepas. Tertarik mendatangi area wisata di Semarang bersama nuansa alam yang memukau, lebih dari satu area ini bisa masuk didalam pertimbangan.

1. Brown Canyon, Grand Canyon punyai Semarang

Meski titelnya adalah wisata alam, namun sebenarnya panorama tebing yang dramatis di Brown Canyon adalah hasil ulah manusia. Awalnya area ini cuma perbukitan biasa. Namun kesibukan penambangan di sini membuat bukit itu terkeruk dan yang tersisa adalah formasi tebing yang unik. Artinya, Brown Canyon sebenarnya bukan area wisata resmi.

Tebing-tebing yang menjulang di sini menciptakan panorama yang tidak biasa, tersedia yang bilang sama Grand Canyon di Amerika serikat. Tapi dikarenakan warnanya dominan coklat, maka disebutlah bersama Brown Canyon. Di bawah, tersedia kolam-kolam kecil yang airnya yang juga tercipta akibat kesibukan penambangan. Kalau ke sini, perlu banget bawa kamera dikarenakan daya tarik utama Brown Canyon sebenarnya pemandangannya. Pas banget jikalau dijadikan latar belakang foto-foto kamu.

Lokasi: Rowosari, Meteseh, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Gratis

2. Cakrawala hijau berasal dari Gardu Pandang Lereng Kelir

Salah satu style wisata alam yang booming di Indonesia adalah puncak bukit bersama latar belakang panorama indah. Kamu bisa mendapatkan area seperti ini di banyak area perbukitan. Di Semarang, yang paling kondang tersedia di pegunungan Kelir. Kamu memadai mampir ke lokasinya yang simple namun memesona. Udaranya segar, pemandangannya memikat, dan kondisi alamnya tetap amat terjaga.

Dari atas bukit ini, kamu bisa menyaksikan panorama yang unik. Ada paduan tak biasa antara kota, hutan, area pertanian, hingga gunung lain di kejauhan. Hampir seluruh bagian kota Ambarawa muncul berasal dari sini, Semarang bagian selatan juga. Yang pasti, jikalau ke sini siapkan memori ponsel atau kamera kamu dikarenakan pemandangannya yang indah dapat buat kamu terpengaruh untuk ambil banyak foto.

Lokasi: Dusun Gertas, Gertas, Brongkol, Jambu, Semarang
Jam buka: Setiap hari, 05.00 – 21.00
Harga tiket: 5,000 IDR hari biasa, 7,000 IDR akhir pekan.

3. Kesejukan berbalut candi kuno di Gedong Songo

Orang lebih mengenal Gedong Songo sebagai nama kompleks candi di selatan Semarang. Cukup lumrah mengingat candi kuno peninggalan Kerajaan Medang di sana sebenarnya amat ikonik. Namun yang tak kalah menarik adalah panorama alam di area ini. Kalau kamu mendatangi candi ini, kamu senang tak senang perlu jalankan trekking di alam terbuka, di sebuah bukit bersama panorama indah. Setiap candi terletak di wilayah berlainan dan jalur berasal dari satu candi ke candi lainnya memadai menggembirakan untuk dijelajahi.

Keindahan alam ini pula yang menginspirasi berdirinya Ayanaz Gedong Songo. Ayanaz yang berlokasi di kira-kira candi menjajakan panorama yang amat indah itu bersama ditambah taman selfie yang beragam. Ini adalah area wisata di Semarang untuk bersantai sambil foto-foto. Kawasan Gedong Songo juga punyai potensi lain yang tetap belum seluruhnya dikembangkan. Di kira-kira area candi, terdapat sumber mata air panas alami yang pemanfaatannya tetap belum maksimal.

Lokasi: Candi Gedong Songo, Krajan, Banyukuning, Kec. Bandungan, Semarang.
Jam buka: Setiap hari, 06.30 – 18.00
Harga tiket: 10,000 IDR

4. Pulau yang hilang dan Pantai Tirang

Daya tarik utama pantai ini adalah lokasinya yang amat dekat bersama bermacam pusat keramaian di Semarang. Lokasinya bersebelahan bersama Pantai Maron, dekat bersama Bandara Ahmad Yani, Museum Ronggowarsito dan bermacam destinasi wisata lainnya di Semarang.

Tempat wisata di Semarang ini juga punyai peristiwa yang amat unik. Dulunya terdapat sebuah pulau pas di lepas pantai, namanya Pulau Tirang. Namun dikarenakan abrasi yang dahsyat, Pulau Tirang selanjutnya hilang ditelan laut dan yang tersisa adalah pantai di daratan utama. Tirang merupakan spot memancing yang ideal serta punyai panorama sunset yang memukau.

Lokasi: Tugurejo, Kec. Tugu, Kota Semarang
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: 5,000 IDR

5. Menaklukkan puncak Gunung Ungaran

Terletak di barat daya Semarang, Gunung Ungaran punyai view luar biasa ke bermacam sisi. Aksesnya sudah amat baik dan pendakian gunung ini juga tidak perlu banyak keahlian khusus, memadai stamina dan perlengkapan memadai saja. Tinggi Ungaran ‘hanya’ 2050 mdp, relatif mudah bagi pendaki berpengalaman.Puncak Gunung Ungaran adalah spot kondang bagi pendaki gunung. Karena pendakiannya tergolong mudah dan aksesnya yang gampang, puncak Ungaran pun tetap ramai oleh pendaki. Di sini kamu bisa berkemah dan menikmati panorama matahari terbit yang indah. Eksplorasi di puncak Ungaran juga menggembirakan dikarenakan ke mana pun kamu melihat, panorama alamnya luar biasa.

Lokasi: Ungaran, Semarang.
Harga tiket: Gratis

6. Kebun Bunga Bandungan Celosia yang penuh warna

Kebun bunga belakangan juga amat kondang sebagai daya tarik wisata di Indonesia. Di Semarang, yang paling kondang adalah Kebun Bunga Bandungan yang lokasinya dekat bersama Candi Gedong Songo. Secara alami, wilayah kebun bunga ini sudah indah. Penataan tanaman dan taman membuatnya jadi Instagramable dan menyedot minat banyak wisatawan muda yang hobi fotografi, juga selfie.

Dulunya area wisata di Semarang ini cuma punyai taman celosia berwarna-warni. Namun sejalan bersama popularitasnya yang konsisten naik, fasilitasnya pun bertambah. Kini kamu bisa mendapatkan miniatur kota Eropa yang unik, lengkap bersama landmark khas berasal dari banyak negara. Ada juga Taman Korea dan Taman Lampion yang menjanjikan background foto spektakuler. Taman ini amat surga bagi penyuka swafoto.

Lokasi: Jl. Wisata Candi Gedong Songo No.KM 0,5, Beroken, Candi, Kecamatan Bandungan, Semarang.
Jam buka: Setiap hari, 07.30 – 17.00
Harga tiket: 20,000 IDR hari biasa dan 25,000 IDR akhir pekan.

7. Santai di ketinggian Umbul Sidomukti

Kalau menghendaki bersantai di segarnya udara pegunungan, kamu bisa langsung mampir ke Umbul Sidomukti. Ini adalah sebuah resort yang tawarkan banyak sarana wisata menarik, berada di lereng Ungaran bersama ketinggian 1500 mdpl. Yang paling kondang adalah Taman Renang Alam. Ada tiga kolam renang bersama wujud unik serta kedalaman yang berlainan yang bisa kamu pilih. Karena berada di ketinggian, kolam mini punyai panorama yang luar biasa.

Buat kamu adrenalin-junkies, tersedia lebih dari satu wahana yang bisa kamu gunakan beraksi. Kamu bisa mencoba flying fox, menyewa kendaraan roda empat ATV, terbang bersama paralayang, atau menunggang kuda. Masih tersedia sarana seru lain juga Marie Bridge, Highest Triangle, Panahan, Sepeda Awang untuk berfoto, dan menjelajahi Goa Tirta. Kamu bahkan bisa menginap juga. Tidak dapat bosen deh jikalau ke sini!

Lokasi: Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang.
Harga tiket: 5,000 IDR

8. rimba Pinus Kayon, area ngabuburit favorit

Semarang juga punyai hutan untuk dijelajahi. rimba Pinus Kayon misalnya. rimba pinus ini berada di lereng gunung Merbabu. Lokasinya tersedia di bagian selatan Kabupaten Semarang, tak jauh berasal dari Kota Ambarawa. Dengan ketinggian 1500 mdpl, hutan ini menyajikan udara fresh bersama panorama khas ketinggian. Kamu bisa menyaksikan bentang alam Kabupaten Semarang yang penuh damai di kaki Merbabu.

Secara resmi, nama area ini adalah Pesona Wisata Alam Kali Pasang (PWAKP) dan dikelola oleh Balai Taman Nasional Gunung Merbabu. rimba pinus di sini amat Instagramable, menjadi jangan kaget jikalau kamu menyaksikan banyak pengunjung yang berselfie di sini. Selain itu, kamu juga bisa berkemah di area ini jikalau menghendaki menghabiskan waktu kembali ke alam. rimba Pinus Kayon juga amat kondang sebagai area ngabuburit sepanjang bulan Ramadan.

Lokasi: Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang
Harga tiket: 5,000 IDR

9. Coba keseruan outdoor di Wana Wisata Penggaron

Masih bertema hutan, kali ini tersedia rimba Penggaron di sisi timur Gunung Ungaran. Tak seperti hutan Kayon yang cuma berisi pohon pinus, vegetasi di Penggaron ini beragam, seperti hutan alami lainnya. Udaranya sejuk dan pemandangannya juga indah. Tempat ini pas buat yang senang berpetualang di rimba liar namun keamanannya tetap terjaga. Banyak spot foto menarik di sini dan hutan ini juga sudah menjadi langganan wilayah foto prewedding.

Tapi daya tarik utama Penggaron adalah area perkemahannya. Saking terkenalnya, hingga tersedia yang menjuluki Penggaron sebagai bumi perkemahan padahal standing sebenarnya cuma hutan lindung biasa yang dikelola Perhutani. Selain itu, tetap tersedia banyak kesibukan outdoor yang bisa kamu jalankan di sini. Outbound, trekking, latihan SAR, penelitian ilmiah lapangan sering juga dikerjakan di Penggaron ini.

Lokasi: Susukan, Ungaran Timur, Siroto, Kabupaten Semarang.
Harga tiket: 6,000 IDR

10. Mengenal Jawa Tengah via Grand Maerokoco

Destinasi ini mencampurkan keseruan alam dan wisata buatan. Banyak yang menyatakan Grand Maerokoco (dulunya juga disebut Taman Puri Maerokoco) sebagai Taman Mini-nya Jawa Tengah. Kamu bisa menyaksikan anjungan dan rumah khas berasal dari seluruh kabupaten dan kota di provinsi ini. Kamu bisa studi banyak mengenai Jawa Tengah di sini.

Berada di kawasan hutan bakau, kamu bisa menjelajahi keindahan kawasan ini lewat dek kayu yang ditata rapi di pinggir bakau. Air di sini sebenarnya tidak jernih, namun tenang. Kalau sudah letih berjalan, kamu bisa menyewa perahu dan berkeliling Maerokoco di atas air. Banyak banget spot cantik yang bisa kamu datangi di sini, menjadi pastikan kamu menyiapkan kamera biar biasa bawa pulang banyak foto keren.

Lokasi: Jl Yos Sudarso, Tawangsari, Semarang Barat, Kota Semarang.
Harga tiket: 10,000 IDR

11. Menikmati panorama alam Semarang di Cemoro Sewu, Banyubiru

Tak tersedia yang jauh lebih menggembirakan ketimbang menyatu bersama alam. Bisa menikmati lanskap bumi, hijau dan rindangnya pepohonan, serta segarnya udara alam. Kamu bisa merasakan seluruh itu di area Cemoro Sewu, Banyubiru, lho!

Asyiknya, alam juga menyajikan background yang keren untuk Anda berfoto dan meningkatkan koleksi di akun Instagram.

Cemoro Sewu, Sepakung
Lokasi: Dsn Jingkol, Sepakung, Banyubiru, Semarang, Jawa Tengah

12. Spot asyik dan Instagenik di Gumuk Reco, Sepakung, Banyubiru

Ingin bersantai dan menikmati panorama alam yang mengesankan, tak tersedia salahnya menghabiskan waktu di Gumuk Reco, Banyu Biru. Banyak spot berfoto yang asyik, lho!

Tempat ini juga menjadi tidak benar satu destinasi wisata di Semarang yang kekinian dan perlu Anda kunjungi.

Gumuk Reco
Lokasi: Dsn. Kenongo, Sepakung, Banyubiru, Semarang, Jawa Tengah

Kunjungi Juga : Berita Wisata Terkini

13. Sisi cantik Semarang berasal dari ketinggian di Bantir Hills

Kini sudah banyak spot asyik untuk menikmati Semarang berasal dari ketinggian, juga yang ini. Banyak gardu pandang dan area berswafoto bersama background keren, lho!

Yang tak boleh dilewatkan adalah atmosfer alami dan nuansa sejuk khas perbukitan. Adem banget!

Bantir Hills
Lokasi: Jalan Bantir, Desa Losari, Kec. Sumowono, Losari, Sumowono, Semarang, Jawa Tengah

So, kamu sudah siap mengeksplorasi ragam wisata alam Semarang? Mulai berasal dari pinggir Laut Jawa hingga ketinggian Gunung Merbabu menyajikan banyak pilihan variasi wisata yang layak kamu jelajahi.